Senin, 30 Juli 2012

Ruta Meilutyte, Perenang 15 Tahun Peraih Emas Olimpiade


(Getty Images/Al Bello)

London - Arena renang Olimpiade 2012 tampaknya menjadi panggung bagi para perenang muda. Setelah Ye Shiwen - perenang 16 tahun yang meraih emas - kini muncul nama Ruta Meilutyte, gadis 15 tahun yang juga merebut emas.

Ye Shiwen sudah meraih emas di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri dengan rekor dunia baru, yakni empat menit 28,43 detik. Perenang China itu juga memecahkan rekor Olimpiade di nomr 200 meter gaya ganti perorangan putri yang ia catatkan di babak semifinal.

Setelah Ye Shiwen, satu lagi nama perenang muda yang bersinar di London. Dia adalah Ruta Meilutyte, perenang asal Lithuania yang masih berusia 15 tahun.

Meilutyte yang lahir pada 19 Maret 1997 itu meraih emas di nomor 100 meter gaya dada putri. Dia mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Rebecca Soni, yang akhirnya harus puas dengan medali perak.

Di perlombaan yang digelar di Aquatics Centre, London itu, Meilutyte memimpin sudah memimpin sejak awal. Dia bersaing ketat dengan Soni yang meraih perak di Olimpiade 2008.

Usia menjadi yang pertama menyentuh finis, Meilutyte hanya menutup mulut dengan tangannya seraya tak percaya mengamati papan skor. Dia kemudian menangis saat melangkah ke podium teratas.

"Aku tidak bisa mempercayai ini. Ini terlalu banyak untukku," ujarnya usai menerima medali seperti dilansir Reuters.

"Perlombaan tadi sangat keras dan dulit. Saat ini aku tidak bisa bicara terlalu banyak, tapi ini sangat berarti bagiku dan aku sangat bangga."

Keberhasilan Meilutyte itu menjadikannya perenang Lithuania pertama setelah merdeka yang meraih emas di ajang Olimpiade. Dengan usianya yang masih 15 tahun, dia juga menjadi atlet Lithuania termuda yang meraih medali emas. Perenang yang punya tinggi 172 cm ini juga memecahkan rekor Eropa saat bertarung di babak semifinal dengan catatan waktu 1 menit 5,21 detik.



Via: Ruta Meilutyte, Perenang 15 Tahun Peraih Emas Olimpiade

Tidak ada komentar:

Posting Komentar