Rabu, 20 Juni 2012

Siap-siap Lari Seru di 'Run Rhino Run 10K'


Salah satu titik yang akan jadi rute lari Run Rhino Run 10K (detikSport/Fitraya Ramadhanny)

Jakarta - Lomba lari amal untuk konservasi Badak Jawa, Run Rhino Run 10K, bakal digelar di Ujung Kulon pada 24 Juni 2012. Jalurnya ternyata seru dan pemandangannya mantap. Lari lintas alam mungkin belum pernah seindah ini.

Desa-desa penyangga kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, rupanya punya jalur trekking yang asyik untuk para atlet lari, penghobi kegiatan alam bebas, ataupun wisatawan. Jalur inilah yang nantinya akan dipakai untuk kegiatan lari amal yang digelar WWF: Run Rhino Run 10K.

detikSport bersama WWF, sejumlah media dan para blogger Blogdetik menjajal jalur 10 km ini pada Sabtu (16/6/2012) lalu. Titik awalnya adalah pertigaan baru di Kampung Kopi, dekat dengan Kantor Seksi Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Proyek pembangunan jalan baru sedang dibangun untuk memudahkan wisatawan yang hendak liburan ke Pulau Umang dan Pantai Sumur. Jalan ini masih tanah kasar yang baru di-buldozer, tapi sudah enak untuk dipakai lari.

Kontur kawasan ini adalah perbukitan. Silakan jajal tantangan lari naik turun bukit berulang kali. Seru banget! Asyiknya di kanan dan kiri jalan, mata kita dimanjakan sawah yang hijau atau hutan kayu sengon.

Atur nafas Anda, jalan kita masih jauh. Setelah sekitar 3-4 km, kontur jalan akan menurun ke arah pantai. Di ujung jalan baru ini ada hadiah untuk para pelintas alam. Tiba-tiba kita dihadapkan dengan pantai biru sejauh mata memandang, inilah Pantai Sumur.

Tak jauh di seberang lautan, ada Resor Pulau Umang dengan bentuk kerangnya yang khas. Debur ombak akan menemani trekking Anda di sini. Pelari manapun pasti ingin rasanya berhenti sejenak. Dari sini jalur berbelok ke kiri menuju Desa Sumberjaya.

Kalau Anda beruntung, akan bertemu puluhan kerbau yang merumput sambil memakai lonceng kayu yang disebut kongkorak. Suara lonceng ini akan terdengar merdu seperti gamelan. Jalan terus ke arah desa, mungkin Anda akan berpapasan dengan nelayan membawa ikan, atau bocah-bocah yang adu jago melompat dari dermaga. Byurr!

Ditemani jejeran pohon kelapa, Anda akan sampai ke Desa Sumberjaya, nikmatilah suasana desa nelayan ini sebelum akhirnya Anda tiba di pertigaan Jl Raya Ujung Kulon. Anda berbelok ke kanan menuju Desa Kertajaya.

Menjelang finish, ini dia yang asyik. Campaigner WWF, Verena Puspawardani mengatakan, tempat finish akan dibikin seru yaitu di tepi pantai. Dari jalan desa, trekking akan dibelokan ke Pantai Cinibung. Dalam ratusan meter terakhir menjelang finish, kita akan berlari di samping ombak yang mendebur Pantai Cinibung. Mantap!

Ayo berlari demi Badak Jawa!



Via: Siap-siap Lari Seru di 'Run Rhino Run 10K'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar