Senin, 22 Oktober 2012

Resmi, 7 Gelar Juara Tour de France Lance Armstrong Dicabut


REUTERS/Bogdan Cristel

Jenewa - Lance Armstrong kehilangan 7 gelar juara Tour de France (TdF) yang pernah ia raih sepanjang kariernya, setelah Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) meratifikasi keputusan Lembaga Anti Doping Amerika Serikat (USADA).

Selain mencabut gelar-gelar juara tersebut, UCI juga mendukung keputusan USADA untuk melakukan pencekalan seumur hidup terhadap Armstrong dalam beraktivitas olahraga kompetitif di masa depan.

"Lance Armstrong tidak punya tempat di dunia balap sepeda," kata Presiden UCI Pat McQuaid seperti dikutip Reuters, usai mengonfirmasi ratifikasi tersebut.

Medio Agustus lalu USADA menyatakan bahwa Armstrong akan mendapatkan sanksi berupa pencabutan gelar dan pencekalan, setelah ia memutuskan untuk tidak lagi memberikan perlawanan atas tudingan USADA bahwa Armstrong telah mengonsumsi substansi pendorong performa selama kariernya.

Saat itu, Armstrong memang mengaku tidak pernah menggunakan doping. Tetapi ia menyatakan telah lelah terus-menerus membuktikan ketidakbersalahannya sehingga sudah "pasrah".

Pada 10 Oktober, USADA kemudian merilis laporan yang menyebut bahwa Armstrong, yang kini telah pensiun dari balap sepeda, telah terlibat di dalam sebuah program doping yang dilakukan secara rapi, profesional, dan sukses.

Mantan rekan setim Armstrong di U.S. Postal and Discovery Channel, tempat di mana ia meraih tujuh gelar juara TdF antara 1999-2005, lantas memberikan kesaksian yang memberatkan Armstrong--dengan imbalan keringanan hukuman.

"Ini bukan kali pertama dunia balap sepeda mencapai persimpangan jalan dan harus memulai dari awal lagi," kata McQuaid, merujuk kepada usaha panjang UCI untuk memerangi doping.

Sehubungan dengan hal itu, McQuaid lalu juga menyatakan tidak akan mundur dari posisinya saat ini, meskipun apa yang terjadi terbilang sebuah skandal besar mengingat kesuksesan Armstrong di TdF.

"Ketika saya duduk di sini (posisi presiden) pada 2005, saya memprioritaskan untuk memerangi doping. Saya mengakui balap sepeda memiliki kebiasaan doping. Saya tak punya niatan untuk mundur sebagai presiden UCI."

"Saya minta maaf kami tak bisa menangkap mereka (pengguna doping) satu per satu dan kemudian mengenyahkan mereka dari olahraga ini," beber McQuaid.





Via: Resmi, 7 Gelar Juara Tour de France Lance Armstrong Dicabut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar