Rabu, 29 Agustus 2012

Terkait PON, Jadwal Yamaha Cup Race Diubah


dok. detiksport

Jakarta - Yamaha merevisi jadwal dan jumlah seri Yamaha Cup Race (YCR) 2012. Revisi ini dilakukan terkait perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII serta padatnya seri Motoprix.

Cabang olah raga balap motor di PON dihelat 9-11 September di Riau. Agenda itu mempengaruhi jadwal dan tempat pelaksanaan YCR di bulan September.

Seri kelima yang sebelumnya dijadwalkan digelar di Banten pada 16 September digantikan dengan seri Bangka pada 2 September. Balapan akan digelar di sirkuit buatan di Komplek Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Bangka dipilih karena komunitas balap Yamaha yang sudah dibangun selama tiga tahun terakhir semakin berkembang.

Sementara itu, balapan malam di area Trans Studio, Makassar tidak berubah, yaitu tetap menjadi seri keenam dan digelar pada 29 September. Seri ketujuh dan seri kedelapan -- masing-masing di Samarinda dan Bali -- yang awalnya dijadwalkan di bulan Oktober kemudian ditiadakan karena padatnya aktivitas di dua tempat itu.

Sebagai gantinya, seri ketujuh dilaksanakan di Jakarta pada 28 Oktober. Seri penutup tetap diadakan di sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta. Namun jadwalnya mundur dari 25 November menjadi 2 Desember.

Di Yogyakarta, Yamaha rencananya akan menggelar balapan malam. Ini akan menjadi balapan malam ketiga di tahun ini setelah di Jember dan Makassar.

Sebagai catatan, balapan malam di Jember menuai sukses besar dengan rekor 25.000 penonton. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan seri malam perdana YCR di Bandung tahun lalu yang ditonton 17.000 orang. Selain itu, jumlah penjualan motor juga tercatat cukup tinggi yaitu sebanyak 95 unit.

”Perubahan jadwal di September karena ada PON, dan lagi motor Yamaha dipakai di event itu, sehingga kami berharap pebalap bisa fokus ke PON," jelas Ari Wibisono, Manajer Motorsport Yamaha, dalam rilis yang diterima oleh detikSport.

"Ditambah lagi ada satu seri Indoprix dan tiga seri Motoprix di September. Pertimbangan ini membuat kami menggeser seri kelima lebih maju,” imbuhnya.

Jadwal Yamaha Cup Race (YCR) 2012:

Seri 1 : Pancing, Medan, 22 April
Seri 2 : GOR Saburay, Lampung, 6 Mei (balapan malam)
Seri 3 : Lanud Cibeureum, Tasikmalaya, 10 Juni
Seri 4 : Alun-Alun Kota Jember, 24 Juni (balapan malam)
Seri 5 : Komplek Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, 2 September
Seri 6 : Trans Studio, Makassar, 29 September (balapan malam)
Seri 7 : Jakarta, 28 Oktober
Seri 8 : Mandala, Yogyakarta, 2 Desember



Via: Terkait PON, Jadwal Yamaha Cup Race Diubah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar